Diskusi Bahasa dan Aksara Daerah: Upaya Pengenalan Bahasa dan Aksara Sunda dan Besemah FIB Unpad


urangjatinangor.com – (4/3/15) dalam rangka mengenalkan Bahasa dan Aksara Sunda, FIB Unpad menggelar diskusi umum yang mengangkat tema diskusi “Bahasa dan Aksara Sunda dan Besemah (Beuseumah) Sumatera Selatan” yang termasuk ke dalam salah satu rangkaian acara memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional 2015. Acara tersebut diisi oleh dua pembicara yaitu Dr. Undang A. Darsa yang membahas mengenai Bahasa dan Aksara Sunda beliau merupakan Koordinator Program Studi Bahasa dan Sastra Sunda FIB Unpad. Serta pengisi kedua dalam diskusi tersebut adalah Dr. Sutiono Mahdi yang membahas tentang Bahasa dan aksara Besemah, beliau merupakan dosen Sastra Inggris FIB Unpad.
Acara diskusi tersebut dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jurusan di lingkungan FIB Unpad serta masyarakat umum. Antusiasme terhadap acara tersebut ditandai dengan penuhnya kursi aula PSBJ yang disediakan oleh panitia penyelenggara acara tersebut. Peserta yang hadir pun tidak hanya dapat menikmati acara diskusi saja, namun mereka juga dapat ikut serta aktif dalam diskusi tersebut dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada para narasumber melalui sesi tanya jawab yang diberikan oleh panitia penyelenggara.
Selain diskusi acara ini juga menampilkan beberapa penampilan mahasiswa dari setiap prodi di FIB Unpad dalam parade musik yang bertema ‘Folk Song’. Mereka memberikan penampilan yang sesuai dengan identitas jurusan mereka masing-masing. Dan di akhir acara terdapat pengumuman pemenang lomba ‘Mendongeng dengan Bahasa Daerah” yang telah diselenggarakan di hari sebelumnya Selasa (03/03/2015). Dan ada yang unik dalam acara ini, para peserta disuguhi olahan makanan tradisional seperti kacang dan pisang rebus, ciu (aci jeung cau/olahan aci dan cau), katimus, dan tak lupa pula minuman tradisional bajigur.

(Rep: Ade Hilman MF & Mumu Mujahidin)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar